Meninggalkan Rokok, Why Not?

Dewasa ini, sudah tidak asing dibenak kita dengan rokok. Hampir disetiap tingkatan usia gemar pada benda yang mengakibatkan candu. Mulai dari anak-anak, remaja, dewasa hingga orang tua.

Merokok tidak hanya pada kaum lai-laki saja, namun sekarang banyak kaum hawa yang senang mengkonsumsinya. Meskipun pada setiap bungkus rokok sudah diberi tulisan tentang bahaya merokok namun masyarakat kita seakan tidak mempedulikannya.
Sebagian orang awalnya hanya coba-coba mengkonsumsi rokok namun dari itu dilakukan terus-menerus sehingga mengakibatkan kecanduan sampai ketergantungan. Menurut mereka merokok dapat membuat mereka pandai bergaul, dapat meningkatkan percaya diri, membuat penampilan menjadi keren dan juga menjadi lebih kelihatan tambah dewasa. Kebiasaan merokok tidak hanya merusak kesehatan namun juga mengganggu kenyamanan orang lain (perokok pasif).
Akibat-akibat dari kebiasaan merokok dapat kita golongkan menjadi dua yitu akibat dalam jangka pendek dan jangka panjang. Dalam jangka pendek biasanya perokok merasakan hal-hal seperti pening, pusing, sakit kepala dan dapat juga mengakibatkan batuk-batuk.
Setelah keluhan-keluhan ini dirasakan dan tidak segera diobati denan serius maka akan menimbulkan penyakit-penyakit seperti tejadinya gangguan fungsi paru-paru secara potensial, memperbesar tingkat penyempitan atau pengerasan pembuluh darah, menimbulkan sesak napas dan juga dapat mengakibatkan penyakit kanker.
Pada perempuan rokok juga dapat mengakibatkan hal-hal negatif apabila dikonsumsi secara terus-menerus. Hal-hal negatif itu diantarannya dapat menyebabkan gangguan fungsi menstruasi seperti rasa nyeri dan menstruasi tidak teratur. Perempuan perokok mendapatkan masa monopous lebih cepat daripada perempuan tidak merokok.
Perempuan perokok lebih cepat mengalami kerapuhan tulang. Merokok selama masa kehamilan beresiko terhadap pecahnya membran secara prematur, plasenta terpisah dari uterus dan lokasi plasenta yang tidak normal.
Karena begitu banyak dampak yang diakibatkan dari mengkonsumsi rokok secara ekonomi maupun kesehatan, maka marilah kita tinggalkan kebiasaan ini. Agar kebiasaan merokok tidak menjadi budaya untuk generasi yang akan datang. Dengan menerapkan pola hidup sehat dan menghindari pergaulan dengan para perokok maka diri kita akan terhindar dari bahaya rokok. Selain itu upaya meninggalkan kebiasaan juga dapat menghemat pengeluaran kita secara ekonomi.
Nah, sekarang kalian sudah taukan bahaya merokok. Maka ayo! kita bersama-sama tinggalkan kebiasaan buruk ini. Dan marilah kita mulai dengan kebiasaan yang baik.


 oleh : Rif'ul Mazid Maulana (03)

0 komentar: